Subscribe News Feed Subscribe Comments

Human Resource Infomation System

Latar Belakang diperlukannya Manajemen SDM??

Sumber Daya Manusia (SDM) adalah faktor sentral dalam suatu organisasi. Apapun bentuk serta tujuannya, organisasi dibuat berdasarkan berbagai visi untuk kepentingan manusia dan dalam pelaksanaan misinya dikelola dan diurus oleh manusia. Jadi, manusia merupakan faktor strategis dalam semua kegiatan institusi/organisasi. Selanjutnya, Manajemen SDM berarti mengatur, mengurus SDM berdasarkan visi perusahaan agar tujuan organisasi dapat dicapai secara optimum. Karenanya, Manajemen SDM juga menjadi bagian dari Ilmu Manajemen (Management Science) yang mengacu kepada fungsi manajemen dalam pelaksanaan proses-proses perencanaan, pengorganisasian, staffing, memimpin dan mengendalikan.

Beberapa kondisi yang terlihat tidak optimalnya kinerja SDM dalam sebuah perusahaan adalah akibat dari tidak mapannya sistem manajemen SDM yang diterapkan oleh perusahaan tersebut, sehingga pada akhirnya akan mempengaruhi efisiensi dan efektivitas pekerjaan. Berdasarkan literatur kami dijelaskan bahwa software SDM yang tersedia di Indonesia hanya merupakan suatu sistem administrasi personalia, yang merupakan sebagian kecil dari sistem manajemen SDM sebenarnya, oleh karena itu Software SDM yang diperlukan dititik beratkan pada seluruh aspek yang lebih berkaitan dengan pengelolaan Sistem Manajemen SDM secara keseluruhan.

Apa itu HRIS ?

System yang menangani berbagai masalah pada ruang lingkup karyawan, pegawai, buruh, manajer dan tenaga kerja lainnya untuk dapat menunjang aktifitas organisasi atau perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan. Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department.

Tujuan HRIS :

1. Memudahkan pihak pengolah data manajemen untuk lebih mengenali pegawai dalam perusahaan.

2. Memudahkan pimpinan untuk mengetahui secara lebih detail, jelas dan cepat tentang data-data pegawainya dan berbagai informasi penting yang berkaitan dengan pegawai tersebut.

3. Memudahkan pimpinan untuk merencanakan rekrutmen dan seleksi calon pegawai sehingga akan tersaring pegawai yang benar-benar potensial dan berkualitas. Selain itu, software ini juga dirancang sedemikian rupa untuk dapat mengakomodir kebijakan-kebijakan pimpinan dalam proses rekrutmen dan seleksi.

4. Memudahkan pimpinan untuk mengetahui sebaran dan komposisi personel pada elemen-elemen organisasi.

5. Mendukung aktifitas pimpinan dalam mendisain, merencanakan dan melaksanakan serta engevaluasi pelaksanaan pengembangan bagi pegawai.

6. Memudahkan pimpinan untuk memantau produktifitas dan kinerja pegawai pada seluruh unit organisasi.

7. Memudahkan pimpinan untuk memantau jenjang prestasi pegawai pada seluruh unit organisasi.

8. Dan tujuan yang bersifat memudahkan mengolah data manajemen SDM lainnya.


Dua Inti dari tujuan HRIS :

  1. Tujuan Administrasi
  2. Decision Support System

Peranan HRIS

Solusi tepat guna dan terpadu yang dibutuhkan oleh Human Resources Management guna mencapai kesuksesan usaha melalui optimalisasi dan otomasi proses bisnis penggajian dan kepersonalian. Tujuan HRIS ini dibangun adalah agar dapat memahami, memilih, membangun dan mengelola sistem yang terpadu dalam Human Resources Management.

Persyaratan HR System

  • Accurate
  • Secure (Multi level privilege)
  • Comprehensive and Integrated HR system
  • Complex Information system
  • Rapid Processing
  • Easy to Customize

Modul-modul HRIS :

  1. Modul Personalia
  2. Payroll System
  3. Absensi Karyawan
  4. Travel Management
  5. Laporan (Custom Report)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ijin nyimak ya gan!
thx 4 inponya

Anonim mengatakan...

MANTABS GAN,,INI YG SAYAHHH BUTUHKAN
-SALAM MANJA DARI MANJA GROUP

Posting Komentar

 
Gudang Wahyu | TNB