Subscribe News Feed Subscribe Comments

Compiere

Compiere merupakan salah satu aplikasi ERP open source pertama yang muncul di pasaran. Berawal dari ambisi Jorg Janke untuk membuat suatu ERP yang handal namun terjangkau, mengingat saat itu (bahkan mungkin juga sampai saat ini) solusi ERP merupakan sesuatu yang teramat mahal. Bermodalkan pengalamannya di dunia ERP selama kurang lebih 20 tahun, Jorg bersama Kathy Pink mulai mengembangkan Compiere. Metode pendekatan open source juga turut mempercepat pengembangan aplikasi ini. Masukan-masukan dari komunitas open source, baik berupa business process maupun modifikasi dari source code, diawasi dan diseleksi (mana perubahan yang diterima dan mana yang tidak) oleh Jorg langsung dimana hasil modifikasi tersebut menjadi release baru. Model pengembangan seperti ini yang kemudian dikenal sebagai Cathedral Approach.

Compiere sebagai suatu ERP open source berhasil membuka mata dunia akan mungkinnya suatu solusi ERP yang dapat dihandalkan dan terjangkau. Sempat menjadi salah satu aplikasi open source paling diminati membuat sebuah perusahaan modal venture menanamkan modalnya di Compiere. Dan sebagaimana perusahaan open source pada umumnya, mereka menawarkan support bagi pengguna aplikasi mereka. Selain itu pada akhir 2007, mereka meluncurkan suatu extension khusus bagi pelanggan mereka yang dikenal sebagai Compiere Professional.

Apabila digunakan untuk ERP di suatu perusahaan dan sistem diharapkan down seminim mungkin, pilihan terbaik adalah Compiere

Compiere sudah banyak diimplementasikan di perusahaan-perusahaan di Indonesia. Akan tetapi mungkin mereka lebih menjaga kerahasiaan perusahaan mereka jadi tidak banyak yg disharing ke public walaupun software ini basic nya adalah open source.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Gudang Wahyu | TNB