Subscribe News Feed Subscribe Comments

Penerapan ERP

Berikut ini adalah ringkasan poin-poin yg bisa digunakan sebagai pedoman pada saat implementasi ERP:

* ERP adalah bagian dari infrastruktur perusahaan, dan sangat penting untuk kelangsungan hidup perusahaan. Semua orang dan bagian yang akan terpengaruh oleh adanya ERP harus terlibat dan memberikan dukungan

* ERP ada untuk mendukung fungsi bisnis dan meningkatkan produktivitas, bukan sebaliknya. Tujuan implementasi ERP adalah untuk meningkatkan daya saing perusahaan

* Pelajari kesuksesan dan kegagalan implementasi ERP, jangan berusaha membuat sendiri praktek implementasi ERP. Ada metodologi tertentu untuk implementasi ERP yang lebih terjamin keberhasilannya

Gagalnya ERP

Waktu dan biaya implementasi yang melebihi anggaran

Pre-implementation tidak dilakukan dengan baik

Strategi operasi tidak sejalan dengan business process design dan pengembangannya

Orang-orang tidak disiapkan untuk menerima dan beroperasi dengan sistem yang baru

Tanda-tanda kegagalan ERP

Kegagalan ERP biasanya ditandai oleh adanya hal-hal sebagai berikut:

1. Kurangnya komitmen top management

2. Kurangnya pendefinisian kebutuhan perusahaan (analisa strategi bisnis)

3. Cacatnya proses seleksi software (tidak lengkap atau terburu-buru memutuskan)

4. Kurangnya sumber daya (manusia, infrastruktur dan modal)

5. Kurangnya ‘buy in’ sehingga muncul resistensi untuk berubah dari para karyawan

6. Kesalahan penghitungan waktu implementasi

7. Tidak cocoknya software dgn business process

8. Kurangnya training dan pembelajaran

9. Cacatnya project design & management

10. Kurangnya komunikasi

11. Saran penghematan yang menyesatkan


sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/ERP

5 komentar:

chi_she mengatakan...

Yu,..kamu menyebutkan kl salah satu kegagalan ERP karena adanya "saran penghematan yang menyesatkan"! Yang dimaksud saran disini itu, saran yang seperti apa ya yu??? Trs, maksud menyesatkannya itu bgmna??
Bukannya, kl dimana2 penghematan itu malah menguntungkan???????

Makacih yu....

Irkutsk mengatakan...

mengapa masih terjadi kegagalan impelementasi ERPnya why, coz setahu ane ERP dibuat berdasarkan "Best of the Best from General Bussiness Proses"(BP terbaik yg dari yang umum) yang bisa diartikan "you can implemented it everywhere"???

note : maaf gan kalo sidikit indlish hahahahaha

Wahyu Sudrajat mengatakan...

untuk yusi..

Menurut saya “saran yang pengehmatan yang menyesatkan” itu adalah suatu saran dimana dengan mengikuti saran tersebut kita hanya menghemat pengeluaran uang perusahaan kita. Dengan kata lain, saran tersebut hanya fokus tehadap Uang, namun tidak meliahat aspek lainnya misalnya keefektifan dan keefisiennan kinerja perusaahan yang akan terganggu apabila dilakukan pemotongan biaya operasional pada tiap bagian, buntutnya akan mengganggu produktifitas perusahaan tersebut. Jadi saran penghematan yang menyesatkan itu adalah pemotongan biaya-biaya penerapan ERP di suatu perusaahaan dengan tidak rasional serta memiliki fokus hanya terhadap uang. Dan perlu diingat, ERP ada untuk mendukung fungsi bisnis dan meningkatkan produktivitas, bukan sebaliknya.

Wahyu Sudrajat mengatakan...

untuk amirul..

ERP memang dibuat berdasarkan “Best of the best from general Business Process”. Yang artinya ERP mestinya sangat sesuai dengan keadaan dan kebutuhan suatu perusahaan. Namun, sebuah bisnis proses yang tercanggih pun jika tidak ditunjang dengan pengetahuan dan pengalaman pada pengimplementasiaannya akan menimbulkan banyak kesalahan- kesalahan yang beresiko menggagalkan ERP yang sudah dibangun.

Pengetahuan adalah pengetahuan tentang bagaimana cara sebuah proses seharusnya dilakukan, jika segala sesuatunya berjalan lancar. Pengalaman adalah pemahaman terhadap kenyataan tentang bagaimana sebuah proses seharusnya dikerjakan dengan kemungkinan munculnya permasalahan. Pengetahuan tanpa pengalaman menyebabkan orang membuat perencanaan yang terlihat sempurna tetapi kemudian terbukti tidak bisa diimplementasikan. Pengalaman tanpa pengetahuan bisa menyebabkan terulangnya atau terakumulasinya kesalahan dan kekeliruan karena tidak dibekali dengan pemahaman yg cukup. Perlu diingat, ERP yang berhasil digunakan oleh sebuah perusahaan tidak menjadi jaminan berhasil di perusahaan yang lain.

Damai mengatakan...

Em...
Blog yang asik untuk dibaca terutama ttg ERP.
Thx for Share..

Posting Komentar

 
Gudang Wahyu | TNB